Cara Hilangkan Gatal Akhir Ulat Bulu (Mitos: Ulat Bulu Mematikan)

Selama ini, umumnya masyarakat menyebut ulat yang menciptakan gatal-gatal dengan sebutan ulat bulu. Tapi, jenis ulat penyebab gatal ternyata beragam

Seorang peneliti serangga dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berjulukan Hari Sutrisno, menjelaskan setidaknya terdapat tiga golongan ulat penyebab gatal.

 umumnya masyarakat menyebut ulat yang menciptakan gatal Cara Hilangkan Gatal Akibat Ulat Bulu (Mitos: Ulat Bulu Mematikan)
Ulat Bulu (Lymantriidae) | Photo credit: Wikimedia.org

Golongan pertama yaitu ulat famili Lymantridae. Nah, jenis ulat inilah yang sering disebut sebagai ulat bulu oleh masyarakat.

Ulat bulu mempunyai bulu dengan ujung yang lancip. Saat jatuh atau terkena pada permukaan kulit manusia, ujung bulu akan patah kemudian masuk ke pori-pori. Hal inilah yang menjadikan timbulnya rasa gatal.

 umumnya masyarakat menyebut ulat yang menciptakan gatal Cara Hilangkan Gatal Akibat Ulat Bulu (Mitos: Ulat Bulu Mematikan)
Ulat Bulu Tebal (Lasiocampidae) | Photo credit: Wikimedia.org

Gologan kedua yaitu ulat dengan bulu yang lebih tebal dan tajam. Golongan ulat itu diklasifikasikan dalam famili Lasiocampidae.

"Bulu-bulunya (ulat bulu golongan kedua) selain lebih tebal juga mirip mata gerjaji, jikalau mengenai kulit tubuh, rasanya lebih gatal daripada ulat bulu biasa," kata Hari Sutrisno usai diskusi media di LIPI, Jakarta, pada Jumat (15/12/2017), mirip dilansir dari Tribunnews.com, Jika ulat bulu mengenai kulit dan timbul rasa gatal yang luar biasa, maka hindari menggaruknya alasannya memperburuk masalah. Untuk mengatasi gatal alasannya racun ulat bulu, maka bisa dengan memanfaatkan kunyit.

 umumnya masyarakat menyebut ulat yang menciptakan gatal Cara Hilangkan Gatal Akibat Ulat Bulu (Mitos: Ulat Bulu Mematikan)
Photo credit: Fotolia.com | Bigstockphoto.com

Kunyit mempunyai zat anti-infeksi alami yang sanggup membantu proses penyembuhan luka, dan menciptakan luka lebih cepat kering. Kunyit sanggup dipercaya untuk menghilangkan gatal akhir ulat bulu.

Cara menggunakannya:
  1. Pertama-tama basuh kunyit dengan air mengalir sampai bersih.
  2. Lalu parut sampai halus.
  3. Balurkan kunyit yang telah diparut tersebut pada belahan kulit yang terkena ulat bulu.
  4. Diamkan beberapa saat.
  5. Lalu bilas kembali kulit dengan air bersih.

Pada artikel berjudul Menghilangkan Gatal Akibat Ulat Bulu (Vemale.com) menyebutkan cara-cara alami mengobati gatal akhir ulat bulu. Berikut di bawah ini:

Bawang Merah
Bawang merah bisa meredakan efek gigitan ulat bulu. Anda hanya perlu mencincang halus bawang merah dan mengoleskannya pada belahan yang bentol akhir ulat bulu.

Maka secara perlahan bentol dan gatalnya mereda. Hati-hati dalam penggunaan untuk anak-anak, alasannya bawang merah mengeluarkan zat yang menjadikan mata terasa pedih sehingga mengeluarkan air mata.

Perawatan dengan bawang merah ini harus di bawah pengawasan orang dewasa.

Garam dan Minyak Goreng
Di dalam sebuah wadah, campurkan dua materi tersebut secukupnya (1 sdt garam dan 1/2 sdm minyak goreng). Lalu balurkan pada belahan badan yang bentol-bentol dan gatal akbiat ulat bulu.

Setelah tamat membalurkan, maka diamkan selama beberapa menit. Dengan perawatan ini dibutuhkan bentol-bentol akan mereda dan gatal hilang.

Selain itu, Anda bisa memakai balsem, minyak tawon ataupun minyak kayu putih dalam mengatasi persoalan terkena ulat bulu. Apabila gatal-gatal ini terjadi pada bayi, maka bedak menjadi pilihan yang paling baik.

Dari laman Tempo.co, menyebutkan hal-hal penting lainnya dalam mengatasi ulat bulu:

+ Jangan digaruk. Untuk menghindari menggaruk secara tidak sengaja, Anda bisa memakai plester atau selotip sekali pakai (seperti yang telah dijelaskan sebelumnya).

+ Jika kulit meradang, berikan krim atau pelembap yang tidak berbau dan tidak berwarna.

+ Krim corticosteroid bisa membantu meredakan gatal-gatal dan mengurangi peradangan. Tapi penggunaannya terbatas pada suatu area tertentu.

+ Bisa juga memakai obat yang mengandung mentol, eukaliptus, kamper, kalamin dan kamomil.

+ Untuk jenis obat yang diminum, bisa menentukan antihistamin. Sebagai pemberithuan, obat ini bisa memicu rasa kantuk.

+ Diperbolehkan memakai minyak kayu putih, minyak tawon ataupun balsam dalam meredakan rasa gatal.

+ Untuk sementara, hindari mengonsumsi telur dan ayam, hal ini supaya mencegah alergi semakin parah.

+ Untuk pakaian yang terkena ulat bulu, cukup dicuci dengan higienis tanpa memakai antiseptik. Karena ini cuma bulu, bukan kuman.

0 Response to "Cara Hilangkan Gatal Akhir Ulat Bulu (Mitos: Ulat Bulu Mematikan)"

Post a Comment